Saturday , September 19 2020

Cara Membuat Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang) Yang Yummy

Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang). Hi Bunda, Apa kabarnya?. Hari ini kita akan memasak Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang). Caranya mudah sekali. Didihkan, masukkan gula pasir, garam dan santan. Kalikih santan cukup sering ditemukan pada saat bulan puasa karena appetizer ini cukup menarik minat pembeli sebagai makanan "pabukoan" atau makanan saat buka puasa. Appetizer ini bisa menjadi alternatif orang yang ingin memakan pepaya tetapi memakan pepaya secara plain kadang tidak enak.

Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang) Dalam bahasa Minang, kalikih adalah sebutan untuk buah Pepaya. Dessert simpel khas kota Padang dengan bahan yang mudah didapatkan. Tak familier dengan menu hidangan dingin ini, Anda harus mencobanya, pepaya santan dinikmati dingin-dingin cocok sekali buat yang sudah mulai bosan dengan menu takjil macam-macam kolak. Anda bisa membuat Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang) memakai 5 bahan serta 4 langkah. Berikut cara memasaknya.

Bahan membuat Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang)

  1. Sediakan 1 Buah pepaya kecil matang, potong sesuai selera.
  2. Siapkan 1 sachet santan kara (65 ml).
  3. Sediakan 1 sdt Garam.
  4. Sediakan 5 Sdt gula pasir.
  5. Kamu Perlu 500 ml air.

Sayur pepaya muda dengan kuah santan merupakan salah satu pilihan ketika kita mengolahnya. Santan babaleh jo tubo, nikmat babaleh jo sansaro. Kebaikan yang pernah diberikan seseorang kepada orang lain, tetapi balasannya dengan yang buruk. Umbu rotan bisa dimasak bersama santan ataupun tidak.

Instruksi cara memasak Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang)

  1. Kupas dan potong potong pepaya sesuai selera. Sisihkan (atau simpan kulkas dulu)..
  2. Campur air, santan, garam dan gula pasir dalam panci, aduk rata. Masak diatas kompor sambil trs diaduk hingga mendidih. Matikan api kompor. Diamkan suhu ruang..
  3. Tata pepaya dalam gelas atau wadah saji lainnya. Tuang kuah santan secukupnya. Simpan sebentar dalam kulkas. Siap dinikmati. (Disajikan dingin lebih nikmat)..
  4. Sy baru pertama kali bikin dan nyicipin kuliner satu ini. Rasanya mantap..gurih santan dan segar buah pepaya menyatu dalam satu suapan..

Penyajian umbu rotan dilakukan bersama kuliner lain seperti ikan patin atau nila bakar. Kalikih santan salah satu minuman traditional khas Bukittinggi. Pepaya banyak dibudiyakan oleh masyarakat baik sebagai hobi ataupun usaha komersil. Hal ini karena pepaya memiliki kelebihan diantaranya dapat dibudidayakan dipekarangan atau kebun, cepat berbuah dan mampu berbuah lebat, rasanya manis, tumbuh tanpa perawatan yang rumit dan kandungan gizi. Astro Menjual Mesin Pemeras Santan Atau Alat Peras Santan dengan Harga Murah, Mesin Terbuat dari Material Anti Karat.

Demikian cara memasak Kalikih Santan (Pepaya santan khas Minang). Jika Kalian memiliki menu masakan lain yang lezat, silakan kirimkan menu Kalian ya, jangan lupa komentar jika resep masakannya Bunda suka.

Check Also

Resep Kalikih Santan (Pepaya Santan khas Minang) Yang Lezat

Kalikih Santan (Pepaya Santan khas Minang). Hi Kaka, Semoga tetap semangat ya… Kali ini kita …