Wednesday , April 21 2021

Resep: Bakso Ikan Patin

Bakso Ikan Patin. Cara Membuat Resep Bakso Ikan Kuah Yang Enak, Lezat dan Kenyal. Anak-anak dan anggota Hampir semua daging ikan yang berwarna putih, speerti ikan patin, ikan kerapu, ikan tengiri, ikan. Halo bunda selamat datang kembali di channel saya.

Bakso Ikan Patin Ikan tuna dan ikan patin memiliki potensi untuk dijadikan bahan baku surimi yang dapat diolah menjadi produk olahan lanjutan seperti bakso ikan yang memiliki karakteristik sebagai produk fish jelly. Potong ikan patin, kemudian bersihkan tulang dengan dagingnya,beri garam dan air perasan lemon, kemudian haluskan daging menggunakan mesin, jangan lupa masukan bawang putih dan ebi yang. Contact Bakso Ikan Patin Mbalong on Messenger. Bunda bisa membuat Bakso Ikan Patin memakai 23 bahan dan 17 langkah. inilah cara memasak Bakso Ikan Patin.

Bahan-bahan untuk membuat Bakso Ikan Patin

  1. Kamu perlu BAHAN BAKSO IKAN :.
  2. Kamu perlu 500 gram daging ikan patin yang sudah dikerok halus.
  3. Kamu perlu 2 siung bawang putih, iris, goreng hingga renyah (jangan sampai gosong).
  4. Sediakan 3 siung bawang merah, iris, goreng hingga renyah.
  5. sesuai selera Merica bubuk, garam dan vetsin.
  6. Sediakan 1 sdm penuh daun seledri yang sudah dicincang.
  7. 1 butir telur.
  8. Kamu perlu 10 sdm air putih.
  9. Siapkan 5 sdm tepung terigu.
  10. Kamu perlu 1 sachet bumbu kuah bakso (merk : mamasu**).
  11. BAHAN KUAH BAKSO IKAN PATIN :.
  12. 2,5 liter air (atau sesuai selera).
  13. Sediakan Daun dan tangkai caisim, potong-potong.
  14. 2 sachet bumbu kuah bakso (merk mamasu**).
  15. Sediakan sesuai selera Garam, vetsin dan merica.
  16. 2 tangkai daun bawang, iris.
  17. Kamu perlu BAHAN TAHU BAKSO IKAN :.
  18. Kamu perlu 5 buah tahu putih, goreng hingga berkulit.
  19. Kamu perlu PELENGKAP :.
  20. Sediakan Irisan bawang merah goreng untuk taburan.
  21. Siapkan Irisan daun bawang untuk taburan.
  22. Kamu perlu Irisan daun seledri untuk taburan.
  23. Kamu perlu Mie bakso yang sudah direbus dan ditiriskan.

Harmonised Page · Local business · Indonesian restaurant. I didn't expect that bakso turned good. Contact Bakso Ikan Patin Mbalong on Messenger. Harmonised Page · Local business · Indonesian restaurant.

Instruksi memasak Bakso Ikan Patin

  1. Pertama rebus dulu air yang ada di daftar bahan kuah. Bisa juga pakai rice cooker sampai mendidih. Sembari menunggu air mendidih, kita buat bakso ikannya..
  2. Haluskan bawang merah goreng dan bawang putih goreng di cobek. Campur dengan daging ikan yang sudah dikerok halus. Beri garam, merica dan vetsin. Aduk rata sambil diremas dengan tangan. Beri daun seledri, campur rata..
  3. Tambahkan 10 sendok makan air putih dan 1 butir telur ke campuran daging ikan. Beri terigu 5 sdm. Remas sampai rata. Konsistensi adonan nggak sampai keras dan bisa dibentuk. Konsistensi yang pas masih agak lembek basah kayak di gambar punyaku ini..
  4. Ketika air rebusan mendidih, segera matikan kompor dan angkat panci berisi air yang baru saja mendidih itu. Ambil sekepal adonan, bentuk seperti membuat bakso. Caranya seperti di foto : Ambil sekepal adonan dengan satu tangan. Tempatkan tangan di atas panci berisi air panas. Bentuk adonan seperti bola berulang kali hingga bentuknya bulat mulus di salah satu ujung kepalan tangan. Sendokkan dengan sendok yang sudah dibasahi air (pake air panas di panci itu aja) untuk dicemplungkan ke air di panci..
  5. Gambar adonannya waktu dicemplungkan ke air panas :.
  6. Sisakan beberapa adonan buat diisi ke dalam tahu..
  7. Ambil tahu goreng, kerok bagian ujung sampingnya yang bentuknya memanjang. Dengan hati-hati menggunakan ujung pisau kerok hingga membentuk lubang atau kantung, namun tidak sampai merobek kulitnya..
  8. Isikan adonan bakso ikan ke dalam tahu. Lakukan hingga adonan sudah habis diisi ke dalam tahu. Kalau masih ada sisa adonan dibuat bulat kayak tadi aja..
  9. Cemplungkan tahu berisi adonan ke panci berisi air panas..
  10. Angkat dan taruh panci berisi air panas itu ke atas kompor lagi dan masak hingga mendidih dan mengapung. Dari awal tahu memang terlihat mengapung, tapi bukan berarti dia sudah matang. Matangnya bersamaan dengan bakso bulat yang mengapung. Airnya mesti mendidih banget pada waktu dia sudah matang..
  11. Jika bakso bulat sudah mengapung, tandanya bakso tahu pun sudah matang. Angkat bakso yang mengapung dan tahu baksonya dengan saringan besi. Tiriskan dari airnya..
  12. Jika semua bakso dan tahu sudah diangkat dari dalam air, sekarang kita akan menggunakan air tersebut sebagai kuah baksonya. Tambahkan bumbu-bumbu kuah ke dalam kuah : garam, merica, vetsin, royco dan bumbu kuah bakso kemasan. Cek rasa..
  13. Masukkan tangkai dan daun caisim. Masak sebentar saja. Angkat dan tiriskan menggunakan saringan besi..
  14. Masukkan irisan daun bawang. Angkat panci dari kompor. Atau matikan rice cooker kalau masaknya pakai rice cooker..
  15. Masak mie kuning bakso sebentar di air mendidih hingga lunak, tiriskan..
  16. Atur mie di dasar mangkok. Taruh bakso ikan dan bakso tahu di atasnya. Beri kuahnya. Taburi dengan irisan bawang merah goreng, irisan daun seledri dan irisan daun bawang. Sajikan segera !😉.
  17. TIPS :Ikan patin yang aku pakai 1 ekor dan beratnya 1 kg lebih dikit. Tapi setelah dagingnya dikerok, aku cuman timbang dagingnya dan berat dagingnya aja yang sudah dikerok halus jadi 500 gram. Tulang sama kulitnya aku buat jadi cemilan loh. Jadi gak terbuang. Tinggal dibumbui pake sedikit garam dan vetsin trus dilumurin kocokan telur dan dibalur ke tepung dan digoreng garing..

I didn't expect that bakso turned good. Cara Membuat Bakso Ikan – Resep bakso merupakan salah satu resep yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hampir di mana saja kita bepergian, hampir setiap warung bakso pula. Karakterisitik Bakso Ikan Patin (Pangasius pangasius) dengan Penambahan Karagenan, Isolat Protein Kedelai, dan Sodium Tripolyphospat. Dina Defyanti Sinaga, Herpandi Herpandi, Rodiana Nopianti.

Demikian cara memasak Bakso Ikan Patin. Kalau kalian punya resep masakan lain yang yummy, silakan kirimkan resep kamu ya, dan komen di bawah jika menu masakannya Anda suka.

Check Also

Cara Membuat Pepes Ikan Mas

Pepes Ikan Mas. kalian bisa memasak Pepes Ikan Mas menggunakan 20 bahan dan 5 langkah. …